Friday, 25 February 2011

Tentang Manado


Ide menulis tentang Manado berawal dari seorang teman yang meminta bantuan dicarikan hotel untuk acara konika bukan Juni tahun ini, ternyata semuanya fully booked, dari hotel yang paling bagus ampe yang jauh banget dari tempat acaranya sampe losmen-losmen fully booked semua. Wah ga nyangka yah, ternyata Manado sepopuler itu ^^v.

Sedikit flashback, saya bersekolah jadi dokter di universitas Sam Ratulangi. Sebagai anak pegawai negri, sebisa mungkin saya kuliah di universitas negri untuk menghemat biaya berhubung masih punya 2 adik lagi. Tuhan menuntun jalan saya dengan meloloskan saya di Unsrat lewat jalur SPMB- PTN yang tahun sebelumnya disebut UMPTN. Tiba di Manado waktu tengah malam membuat saya lupa bagaimana kesan menginjakkan kaki pertama kali untuk menuntut ilmu di bumi nyiur melambai ini, tapi... nah ini ni yang tak terlupakan, saya terbangun esok paginya karena lagu-lagu rohani yang disiarkan lewat toa di kompleks rumah sodara... sampe sempet bengong gitu, takjub, maklum ajah tumbuh besar ditanah melayu Kepulauan Riau membuat hal itu menjadi sesuatu yang sangat spesial buat saya. Sering sekali saya bangun saat subuh untuk menikmati khotbah singkat yang biasanya berupa bacaan renungan harian dan lagu-lagu rohani yang menenangkan jiwa.

Waktu diajakin sama tante makan di Bahu Mall, pas dah nyampe, tempat makannya itu berjejer dipinggir laut, didepan banyak ruko-ruko yang waktu tahun itu masih sepi, banyakan kosong, yang rame cuman supermarket yang paling ujung namanya Fresh Mart. Saya sempat komen ke mama yang ikut nganterin anak gadisnya ke Manado "ma, katanya mau makan di mall? kok malah kesini? daritadi nyebut mall" oalaahhh baru setelah dijelasin tante, saya mengerti kalo Bahu Mall itu yah itu, komplek ruko-ruko itu semua sampe tempat makan yang berjejer dipinggir laut ini namanya Bahu Mall. Saya jadi ingat lagi waktu kuliah dulu, waktu jaman Manado belum punya mall (eitss... sekarang mah Manado udah eksis, ini kan cerita 9 tahun lalu) :
teman : sumpek, jalan ke mol yuk? (ini ditranslate ke Bhs.Indonesia, aslinya make bhs.Manado)

me: hayuk, mol mana?

teman: matahari lah!

me: -.-' ... (yang dimaksud itu supermarket matahari...di Manado kala itu dianggap mall...)

Orang-orang manado itu punya istilah sendiri yang ngetop banget, sejenis bahasa gaul ala Manado gitu, biasanya singkatan dari sesuatu, misalnya hugel = hubungan gelap istilah buat selingkuhan, bucheri =bule cet sendiri istilah buat orang pribumi yang ngecet rambut jadi pirang, carlota= diambil dari nama tokoh telenovela yang kepo ditahun 1990-an istilah buat orang yang cerewet, ngegosip, kepo dan yang sejenisnya. Diawal belajar bahasa manado saya sempat ga ngerti arti subek, nanya ketemen nih ceritanya :
me: co, subek itu apa sih artinya?
teman: kalo bisae ngerti?
me: iah (bisae ituu...artinya jelek)
teman: kalo sungguh bisae??
me: *baru deh mudeng, kirain punya arti sendiri, tenyata ujung-ujungnya singkatan juga :D*

Lanjut, masih soal bahasa gaul anak Manado, di Manado juga ngetop tuh ngomongin kata yang abjadnya dibolak balikin misalnya pulang jadi ngalup, tidor (=tidur) jadi rodit, manado jadi odanam, banyak deh, saya ga ingat. Tahun pertama di Manado saya kelabakan buat belajar bahasa daerahnya soalnya banyakan modifikasinya hahahaha... orang-orang Manado tuh emang kreatif-kreatif.
Nah ada juga beberapa anak gaul Manado yang suka nyingkatin kata dengan make huruf depannya doang, misalnya gini, kalimatnya "bosen nih, pengen pulang" jadinya "bosen nih pengen P" bahkan ada yg udah jago berkomunikasi dengan kalimat "B nih, pengen P". Jangan tanya saya gimana caranya mereka bisa saling mengerti, sampe sekarang pun I cannot figure out how... Nah waktu awal kuliah saya punya teman-teman baru asli dari Manado, mungkin karena  kita masih pada jaim, jadi kalo ada pembicaraan yang masih malu-malu mereka ngomongnya pake campuran semua tata bahasa gaul ala Manado itu, padahal kalo dipikir-pikir mereka ngomong pake bahasa Manado yang tidak dimodifikasipun saya ga bakalan ngerti hehehehe

Biaya pendidikan kedokteran yang katanya serba mahal dan menghabiskan dana ratusan juta itu tidak saya rasakan, kuliah di Unsrat masuk dengan jalur SPMB-PTN saya tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk uang pembangunan, yang saya ingat saya sempat mengalami 1 SKS seharga Rp.5000, sampe waktu tukar info sama temen-temen SMU yang juga ngambil kedokteran pada ga percaya, udah paling murah setelah saya itu Rp.17.000. Harga 1 SKS naik 100% menjadi Rp10.000 waktu tahun 2003, ya tetep aja jatoh-jatohnya murah. SPP per semester? Rp285.000 saja :)) tidak ada kenaikan sampe tamat. Kalo dihitung-hitung dana yang saya habiskan selama sekolah menjadi dokter masih lebih murah daripada uang pembangunan adik saya untuk kuliah kedokteran disalah satu perguruan tinggi swasta di Bandung.

Dikota asal saya, jumlah gereja itu bisa dihitung pake jari makanya dari berbagai kecamatan bisa ngumpul di satu gereja itu doang, sedangkan di Manado, waaahhhh hampir disetiap lorong di Manado ada Gereja, sungguh pemandangan luar biasa buat saya. Dan di hari Minggu, orang-orang beribadah pada rapiiiih banget, kaya mao ke pesta! Saya sempat ditegur oma pertama karena kegereja pake jins... kalo di daerah asal, kadang-kadang karena eksra kulikuler sekolah diadain hari minggu pagi, kelar itu saya langsung kegerja dengan kostum kaos dan celana pendek... kata oma "kalau mau kerumah pacar saja kita dandan rapi, apalagi mau kerumah Tuhan?" nah inga inga butul tu oma da bilang! :p tapi yah... setelah kembali ke Jakarta, saya balik nge-jins lagi kalo ke gereja, soalnya kalo rapi amat kaya saltum gitu disini...

Nasi bungkus, bentuknya kaya lontong, nasi dibungkus dengan daun khusus yang dinamakan daun laikit. Sebenernya saya ingin menulis "Tentang Manado Part II" yang isinya tentang kuliner Manado, tapi ditulisan pertama yang bertema kesan saya terhadap Manado, cerita yang satu ini tidak terlupakan. Saya lupa tepatnya kapan, saya diundang buat ngumpul-ngumpul bareng sodara dari pihak papa yang masih banyak menetap di Manado. Disajikanlah berbagai makanan khas Manado, salah satunya nasi bungkus. Melihat yang lain pada ngambil ngambil nasi bungkus, saya ikut-ikutan juga ngambil yang satu itu. Tapi, karena pada asik ngobrol dan belum ada yang makan tuh nasi bungkus, saya dengan PDnya nyoba makan duluan, dengan naifnya tanpa dibuka bungkusannya... bentuknya itu loohh, saya pikir nasi yang dibungkus sayur mateng yang bisa dimakan, mana saya tau lontong Manado bentuknya begitu, sebelumnya ga pernah liat yang kaya begitu hehehe kontan semua yang liat pada ketawa ngakak, walo sempet bengong juga melihat saya beberapa detik. Alhasil kalo ada nasi bungkus, saya selalu jadi bahan cerita sampe sekarang. Pantes aja rasanya aneh di gigitan pertama...

nasi bungkus ala Manado. image source

Sekarang soal makanan haram, bagi yang kurang berkenan membaca tentang yang satu ini, silahkan berhenti saja sampai disini. Waktu kuliah ada tante sate, ya kita manggilnya tante sate karena si tante jualan sate hehehe, ga ada yang tau nama sebenernya siapa. Pertama mengenal tante sate waktu tante sate ini kepalanya nongol dikelas dijam istirahat sambil berteriak "sateee, sateee babi, babi rica, babi manis"... reaksi saya super duper kaget... tidak biasa saya mendengar nama binatang yang satu itu begitu jelas diteriakan dan dibicarakan dengan cuek dan bebasnya. Ga cukup sampe disitu, waktu makan siang bareng, obrolan tentang "makan babi rica yok" itu biasa aja, kaya ngajak makan ayam goreng. Dirumah-rumah makan dengan gampangnya kita bisa nemuin daging babi yang sudah diolah menjadi aneka masakan Manado yang super enak itu dipajang di lemari kaca bening.  Soalnya didaerah asal saya, kalo makan daging babi kita cuman bilang makan daging aja udah ngerti, babinya ga perlu disebutin, gituu. Sedang nyebutin daging yang satu itu aja rasanya tabu banget apalagi dipajang? hehe... Nah masih soal daging, di keluarga saya makan daging itu kalau ada acara besar, kaya hari minggu biasanya ada brenebon, sate ato olahan lainnya biasanya kalau ada acara ulang tahun, Natal, Tahun Baru, pokoknya ada eventnyalah... ternyata di Manado lauk daging itu menjadi lauk sehari-hari... wahhh...
Masih ngomongin soal daging. Nah waktu mol pertama di Manado yaitu Mega Mall di buka, biasalah anak muda kala itu jalan rame-rame ngemol, dilantai dasarnya ada supermarket Gelael, waktu lagi muter-muter sampailah ditempat jualan daging, dengan spontan saya berteriak kencang sampe jadi pusat perhatian hanya karena melihat kepala daging dipajang ala jualan daging bebek, di Gelael sodara-sodara, hahaha, cuman di Manado bisa liet pemandangan kaya gitu...

ah.. kota Manado yang kucintai, kita nyanda mo lupa...

3 comments:

  1. wahhhh seru bgt ceritanya jadi pengen ke Manado juga *kapan yah???*

    hihihi lucu juga yah disana daging babi ditreak2in dengan cuek dan dipajang dengan tidak kalah cueknya.....:D

    ReplyDelete
  2. ho oh :)
    ayo, kalo ada kesempatan berwisata ke Manado dan ngalamin sendiri, trus menulis dan dibagi hehehe

    ReplyDelete
  3. hahahah :D lucu kak... Manado --> ta p kampung itu.. hahahh :D

    ReplyDelete