Wednesday, 2 February 2011

Menghitung Sudut Cobb


To use the Cobb method of measuring the degree of scoliosis, choose the most tilted vertebrae above and below the apex of the curve. The angle between intersecting lines drawn perpendicular to the top of the top vertebrae and the bottom of the bottom vertebrae is the Cobb angle.
place I found the image : http://www.aafp.org/afp/2002/0501/p1817.html


Sudut Cobb digunakan untuk menetapkan derajat kurvatura skoilotik pada foto AP. Sebutan end vertebra dipilih dari vertebra terbesar dari garis horisontal di atas apeks kurvatura dan vertebra termiring dari garis horizontal dibagian bawah apeks kurvatura. Satu garis tangensial diatas end plate dari upper end vertebra dan garis tangensial yang kedua dibawah end plate dari lower end vertebra. Garis tegak lurus memperlihatkan adanya hubungan satu sama lain. Sudut yang memotong garis tegak lurus tersebut sebagai sudut Cobb yang normalnya 0 derajat. Metode Cobb diadopsi oleh Scoliosis Research Society untuk mengukur dan menggambarkan kurva skoliosis. Metode Cobb juga digunakan untuk mengukur kifosis dan lordosis pada foto lateral.
-Rasjad Chairuddin (2003) Pengantar Ilmu Bedah Ortopedi Edisi Ke II hal 75

Nah sudut Cobb ini gunanya buat apa yah? Katanya dr. Rahyussalim, SpOT, K-Spine sudut Cobb ini umumnya digunakan untuk mengambil keputusan terhadap teknik terapi operasi apa tidak, traksi atau tidak, brace, dan kalau diputuskan operasi teknik operasi mana yang digunakan. Demikian pula data mengenai sudut itu dapat pula dijadikan bahan evaluasi mengenai progresifitas penambahan sudut kelengkungan tulang belakang.

Sudut Cobb tulang belakang saya 'masih' 30 derajat, jadi masih diobservasi dulu, ga perlu tindakan apa-apa, sampai bertemu tahun depan doc!

No comments:

Post a Comment