Thursday, 24 February 2011

Obrolan sopir taxi


Satu-satunya kendaraan umum yang saya gunakan di Jakarta ini yah taxi, bukannya mao sok-sok dan gaya-gayaan, saya kan baru 2 taonan tinggal di Jakarta, itupun setaonnya sering bolak balik karena masih harus menyelesaikan sekolah dokter :p jadi saya emang ga hapal jalanan Jakarta, lebih milih naik taxi yang keamanannya udah jelas terbukti, terserahlah dibawa muter-muter, yang penting nyampe dengan selamat. Tapi, yah sambil dihafal lah jalanannya, masa mau terus-terusan dibegoin sopir taxi?
Besar didaerah membuat mental saya kerupuk banget soal transportasi di ibu kota ini, ngeliat metromini ato bis kota yang kebut-kebutan serasa raja jalanan bikin saya takut setengah mati, kalo angkot ato bus transjakarta? aduh entah kenapa aja saya ga berani, di bayang-bayang saya transportasi umum di ibu kota ini penuh dengan wajah-wajah kriminal, jadi saya memilih yang paling aman diantara semuanya, makanya taxi jadi pilihan saya, walaupun harus merogoh kocek jauh lebih banyak, saya rela kok.
Entah sudah berapa banyak sopir taxi yang ngobrol sama saya, nah dari sekian banyak sejak 2 tahun ini ada beberapa yang berkesan yang ingin saya bagi ceritanya, bagi yang mau buang-buang waktu membaca postingan ini makasih yah :)

Dunia bagai cermin
st(sopir taxi) : *ngelirik-nglirik kaca spion depan-rada bikin saya was was juga sih awalnya* bu, ibu ingat sama saya?
me: *meratiin identitasnya yang terpajang di dashboard* eng... ketemu dimana yah pak??
st: saya pernah ngantar ibu dari bandara ke cyber 2, ibu kan??
me: *berusaha ngingat-ngingat* eng... maaph pak, saya lupa
st: iah, saya ingat, soalnya ibu tuh baaaiiiiik sekaliii (suer ^.^v, si bapak ngomongnya begini, saya ga ngarang)
me: *salting*
st: dunia itu memang bagai cermin yah buu?
me: maksudnya pak?
st: yah kaya cermin, orang baik itu pasti bakal ketemu sama orang baik, buktinya ibu ketemu lagi sama saya *dengan nada bangga*
me: oh gitu yah pak... *ga ngerti* maksudnya, bapak orang baik gitu?
st: ya iah, buktinya saya ketemu lagi sama ibu, dunia itu bagai cermin bu, kalo yang baik pasti ketemunya sama yang baik, gitu
me: *tetep ga ngerti... kan sama aja penjelasannya, tinggal diputer-puter ama si bapak*
st: saya yakin kalo ibu bukan orang baik, ga mungkin kita bisa ketemu lagi, saya jadi sopir taxi bu sudah 25 tahun, saya hampir ga pernah ketemu lagi sama tamu sampai 2x, kalau tamu yang baik bakal ketemu lagi, tidak semua sih bu, tapi kalau sampe ketemu itu memang tandanya... ibu memang spesial, ibu pasti orangnya baik sekali, seperti cermin, ibu yang baik ketemu sama saya yang baik juga hahahahaha...
me: oohh... *makin ga ngerti*

otak kotor
daerah tempat tinggal saya yang sebelumnya, ada kampus yang isinya anak-anak gaul Jakarta, kampus artis lah, mahasiswinya modis-modis dan cantik-cantik, yang mahasiswanya cakep-cakep dan banyakan banci hehehehe... saya menggunakan jasa taxi dari rumah ke pusat perbelanjaan pas di jam mahasiswa/inya banyakan lagi mejeng dikompleks
st: *meratiin mahasiswa/i* bu, ibu liat deh anak-anak sekarang, bajunya itu, mengundang sekali, harusnya di Indonesia ini diterapkan hukum syariah kan bu?
me: *yah berhubung topiknya sensitif saya ga mau menanggapi, apalagi agama yang saya anut ga ada sangkut pautnya sama hukum syariah*
st: saya bu, punya anak perempuan, sudah SMA, saya suruh jilbab-an dia nya ga mau, ya sudah, kan itu masalah pribadi yah bu, tapi saya ngewajibin dia make tertutup dan jangan yang ketat-ketat. Nah coba ibu liat tuh anak-anak gadis sana *menunjuk sekelompok mahasiswi, yang menurut saya kostumnya oke oke aja, malah modis dimata saya*tuh yang perempuan sana, pake baju kok ketat begitu  sengaja itu bu, ngapain juga maaf ya bu, itu payudaranya di liat-liatin begitu, itu kan namanya sengaja mengundang nafsu laki-laki
me: (ini komentar dalam hati doang) ya ialah bapak, namanya perempuan yah punya payudara, ga perlu ditonjol-tonjolin yah udah menonjol sendiri, sudah dari sananya diciptakan Yang Maha Kuasa seperti itu, lagipula kayanya tu cewe ga berusaha pamer deh, dimata saya bajunya enggak ketat sama sekali, cenderung longgar malah.
st: nah yang itu lagi *nunjukin mahasiswi yang make jins tipe skinny*, make celana ketat begitu sampe badannya kebentuk, itu kan sama saja dengan telanjang bu, itu kan bikin laki-laki ngebayang isinya
me: *mulai jengah* ah enggak pak, itu kan jins, nyaman pak buat kuliah dan bikin leluasa pergerakan buat mahasiswi yang aktif
st: ah enggak bu, liat aja kulit tangannya putih begitu, pasti dia juga putih kulitnya, sayang kulit yang bagus ditutupin pake celana ketat yah sama aja, berniat maksiat, memancing birahi, itu coba ibu liat, maaf ya bu, itu bodinya, maaf ya bu, itu pantatnya sampai kebentuk begitu karena pakai celana begitu
me: (ini komentar dalam hati lagi) si bapak... -.-' namanya make celana kalaupun bukan skinny tetep aja kebentuk bodi panggul dan pantat
st: nah yang itu tu bu *nunjukin mahasiswi yang make dress lucu dan modis* baju kaya daster begitu dipake keluar rumah, itu tuh baju tidur buat wanita yang sudah menikah mau nyenengin suami, bukan dipake buat nyenengin orang diluar rumah. Ibu, saya ini berbagi dengan ibu supaya ibu tau, wanita itu baiknya make yang tertutup bu.
me: *meratiin kostum saya legging yang notabene celana ketat ngejiplak bodi dan atasan blus ala ibu ibu muda yang longgar* panas pak, ini negara tropis. *udah males juga naggepin panjang lebar*
st: bu, kalo pakai tertutup dan longgar-longgar itu niatnya mulia bu, dapat pahala, menjauhlah diri dari godaan. Saya prihatin bu perempuan-perempuan jaman sekarang, bajunya itu maksiat. tuh yang sono, ibu liat deh *nunjuk mahasiswi ukuran tubuh petite dengan celana pendek diatas lutut, bukan hot pants, celana pendek modis*
me: kenapa pak? itu kan ga pendek-pendek amat, lucu malah.
st: ntar yah ibu liat kalo dia duduk *eh si mahasiswi yang make celana pendek kebetulan langsung duduk disebuah cafe dipinggir jalan* naahhh bener kan tebakan saya, itu tuh pas duduk paha dalemnya langsung keliatan. Makanya bu, saya bilang perempuan sekarang banyakan bajunya itu maksiat, tutuplah aurat dengan cara yang benar, itu k pemerkosaan sekarang kan karena begitu bu, laki-laki nafsunya tepancing langsung mencari jalan pintas, kan bahaya bu. Perempuan sendiri sih yang mancing-mancing syaitan.
me: *gondoknyaaa* Pak, kenapa harus perempuan yang disalahin? Semua itu berawal dari niatan dalam hati, emang pikiran udah kotor dari sononya jangan perempuan yang disalahin. Mau pake yang tertutup sekalipun kalo memang otak tidak terlatih berpikir jernih dari sononya juga bakal ada celah buat mikir kotor, bahkan mencari-cari alasan untuk membenarkan pikiran jorok kaya bapak ini. Sudah saya berhenti disini aja, saya takut juga bapak ngelakuin yang jahat kesaya karena pikiran kotor bapak ke perempuan-perempuan cantik tadi.


dendam dokter
Ditelpon berkali kali  si bapak sopir berusaha tidak menggubris dan tetap berusaha berkonsentrasi ke jalanan. Saya meratiin raut wajahnya yang berubah khawatir, saya menyarankan untuk diangkat saja panggilannya, tidak apa-apa berhenti sebentar siapa tau ada yang penting, tapi saya ga mau nelpon sambil nyetir, its a big no no no buat saya.
Si pak sopir bercerita singkat tentang anaknya yang akan keluar dari rumah sakit dan sedang menunggu si bapak lagi ngejar setoran buat melunasi administasi yang kurang
st: saya ga meminta yah bu, makanya saya narik nih, kurangnya dikit kok.
me: kurang berapa pak?
st: 75ribu, habis ibu ini saya dapet lah segitu, untungnya Allah itu menolong saya bu, hari ini anak saya sudah bisa keluar, saya ga sempat urus keterangan tidak mampu, karena waktu masuk panik bu, kata dokter anak saya kritis, kena demam berdarah. saya pikir uang saya cukup, ternyata kurang 75ribu, ga boleh ngutang, ya sudah istri dan anak saya jadi jaminan, saya narik dulu sampe dapet.
me:oh.. syukurlah, yang sabar yah pak
st: iah, makasih bu, tapi saya kesel bu sama dokternya
me: kenapa pak?
st: ya itu, dia bilangin anak saya kritis, saya suruh tanganin, dia bilang harus urus administrasi dulu, orang dia sendiri yang bilang anak saya kritis segera butuh pertolongan, yah kenapa ga ditolong saja dulu sih? sampe anak saya ga selamat, saya bunuh dokternya itu bu, untung aja anak saya selamat
me: kalo dirumah sakit kan ada prosedurnya pak, dokter harus mengikuti itu
st: ahh banyak maunya, ujung-ujungnya duit. Udah gitu yah pas nanya-nanya kan udah berapa lama anak saya begini, saya bawa kan ga sadar yah bu, dari kemaren malemnya sebelum ke rs udah males-malesan gitu, dibangunin susah, eh saya malah dimarahin sama dokternya dibilang ga sayang anak, saya kan awam bu, kan saya kasih teh, saya kalau sakit dikerik trus minum teh manis panas trus tidur langsung sembuh bu, saya pikir yah digituin aja siapa tau besok sembuh
me : (komentar dalam hati) ealah si bapak... kalo semua penyakit digituin sembuh saya mah ga perlu susah-sudah sekolah jadi dokter. komentar saya : kalo semua penyakit bisa sembuh dengan kerik ama teh panas kan dunia ini ga perlu dokter pak
st: udah gitu tiap pagi kerjanya ngasih resep aja, apalagi hari pertama tuh resepnya banyak, infus-infus semua
me: demam berdarah obatnya memang cairan pak, apalagi kalo lagi kritis, butuh banyak sekali cairan
st: mana bisa sembuh kalo ga dikasih antibiotik?? dokter goblok!!
me: *pengen ta gigit ni sopir taxi, ya emang ga butuh antibiotik! udah bagus ga dikasih antibiotik, dokternya melakukan pengobatan tepat,ga perlu ngasih obat yang ga dibutuhin pasien, buang-buang duit...bukannya bersyukur ni bapak* demam berdarah memang ga butuh antibiotik pak...
st: *penjelasan saya dipotong* wah saya kesel itu bu sama dokternya, saya ngeliat toh kemarin di tasnya dia tuh banyak cairan infus yang sejenis dipake anak saya, saya datangin kemaren, saya ancam bu hahahahaha *dengan nada bangga* pokoknya pake punyanya dia, enak aja dia ngasih-ngasih resep mulu, tuh di dia aja banyak, sampe ribut saya bu diruang darurat, akhirnya karena merasa bersalah kali dia ye dia yang ngalah, obat infusnya dikasih kesaya, jadi saya kemaren ga nebus resep *dengan bangga*
me :(komentar dalam hati) kasihannya teman sejawat saya... semoga diberi kesabaran. ngerasa bersalah apaan? dia ga pingin ribut aja tuh pak, padahal rugi banget tuh
st: bu, kalo ke rumah sakit bu, jangan mau bu dibodoh bodohi dokter, pengalaman anak saya masuk rumah sakit, saya jadi benci sama dokter bu. Orang lagi kena musibah dipelorotin resep, mampus aja deh kesana tuh dokter-dokter, pada kaya-kaya karena orang sakit. Saya ga simpatik bu sama dokter sekarang, saya ga mau bu dapet tamu dokter, mending saya ga dapet duit dah, saya ngerasa duit yang dikasih mereka itu haram, duit dari kesusahan orang lain.
me: ... kalo ga sengaja pak? kan bapak ga tau mana yang dokter mana yang bukan dokter?
st: iah sih, pokoknya kalo saya tau dokter, saya turunin dijalanan, dijalan tol pun saya turunin, mampus aja lo sekalian
me: ... *lagi dijalan tol nih, no comment deh*

Pembaca sekalian... kami dokter juga manusia, kami juga melakukan kesalahan, tapi kalo cerita bapak tadi, saya rasa teman sejawat saya sudah melakukan tindakan yang benar dengan tidak meresepkan antibiotik yang tidak dibutuhkan. Resep tiap hari yah memang wajar, namanya juga orang sakit kan butuh obat. Alangkah jahatnya merampok obat-obat dokter, jasa dokter umum (biasanya yang jaga UGD kan dokter umum) itu ga sebanding dengan kerjaannya, obat-obat yang kami punya itu kami beli sendiri, biasanya untuk jaga-jaga kalo tindakan darurat. Kan menunggu pengambilan resep butuh waktu, jadi untuk sementara menghemat waktu dan tujuan prognosis lebih baik saya menggunakan dulu milik saya dengan harapan nanti diganti. Tapi, pengalaman saya di UGD sering tuh keluarga pasien yang minta ditolong lebih dulu, buntut-buntutnya 'harta benda' saya yang digunakan tidak diganti. Kasihan sekali teman sejawat saya sampe 'dirampok' begitu... upahmu besar disurga kawan!

n.b:  dialog diatas kurang lebih lah dengan aslinya, tidak sama persis, karena memori saya juga terbatas, tidak detail sampe kata per kata saya ingat, yang penting garis besarnya seperti itu. Nggak juga beda banget, paling ada satu-dua kata yang beda ato kurang gitu. -> karena pernah ada yang sewot berkomentar: oh yah? emang gitu bener dialognya?? sama ampe sedetail itu ngingatnya?hoax kali ... -.-'

2 comments:

  1. itu saya kak.. ahhah :D tidak.. tidak... tapi qta sering kena marah pasien kalo di IRDA, IRDB, apalagi IRDM... padahal bukan for qta.. wew... mar seru kalo bagitu kak.. dapa marah waktu ba dreg oleh pasien.. rasa2 mo pingsan jo hahhah :D

    ReplyDelete
  2. iah... ngerti... yang sabar yah jessy...
    profesi kita ini menuntut mental baja, fisik mesin, otak komputer, tapi bayaraannya qt masih lebih besar gaji sopir taxi...

    ReplyDelete