Wednesday, 2 February 2011

saatnya berkonsultasi

Selasa lalu, diawal Februari, saya punya janji sama dr. Rahyussalim, SpOT, K-Spine, nyambi bawa hasil foto thoraks yang pertama itu.
Suami saya ditengah sesi konsultasi dengan polosnya nyeletuk "yang saya heran yah doc, ibunya dia dokter, dia juga dokter, masa selama ini ga tau?" dr.rahyussalim sampe berkomentar, mungkin di almamater saya ga diajarin skoliosis kali -.-' yah diajarin lah doc, masa enggak?? saya bisa dijitak guru saya kalo begini.
Kalo secara kasat mata saya memang ga keliatan miring-miring gitu ato ada bengkok-bengkoknya hehehehehe. Saya belajar Ballet dimasa remaja yang notabene selalu make baju ketat dan butuh kesimbangan, saya beraktivitas normal selayaknya remaja, punya sahabat laki-laki maupun perempuan yang biasa ngasih masukan dan kritik, saya ga punya keluhan pegel-pegel, kalo ngaca bahkan saya ngerasa badan saya simetris-simetris aja tuh, bahkan waktu sekolah dokter dulu saya punya sahabat sahabat perempuan yang kita ngapain aja hampir selalu bareng, kalo ada jerawat dipunggung ato apa aja yang 'dirasa salah'-girl stuff qt bisa dengan bebasnya saling ngasih masukan, tapi ga ada yang 'ngeh' kalo ternyata saya skoliosis.
Bahkan waktu saya nunjukin hasil foto sama ahli jantung saya, beliau juga heran, soalnya saya tampak normal. Skoliosis saya bisa terlihat dengan menggunakan metode Adam Forward Bend. Caranya, berdiri dengan lutut sejajar dan rapat. Lalu tubuh dibungkukkan 90 derajat ke depan. Nah keliatan tuh bagian punggung yang tingginya tidak sejajar.



Saya lanjut foto lagi, akhir-akhir ini tulang belakang saya ingin ikutan eksis hehehehe.


sang ahli kemudian mengukur derajat keparahan skoliosis saya, ternyata 'masih' 33 derajat, seharusnya belum memberikan keluhan apa-apa. Match banget sama ahli jantung saya yang mengatakan semua keluhan itu beliau rasa karena hipertensi saya, bukan skoliosisnya. Saya ga butuh tindakan apa-apa,di follow-up saja sampe tahun depan, saya foto-foto tulang lagi dan dihitung lagi.

Nah, pulang dari RS, pas mao keluar parkiran, suami saya dengan lack of focus and concentrationnya dengan berhasil nabrak mobil belakangnya karena ngirain giginya udah di D ternyata dianya udah sempet mindahin ke R tapi somehow ga ingat. Untungnya bapaknya ga apa apa n baik banget, ga marah-marah gitu, tapi kita tetep bertanggung jawab kok. Malam itu juga mobil qt berdua langsung dibawa ke bengkel dan untungnya sampe pihak ketiga bisa dalam tanggungan asuransi.

2 comments:

  1. jaaa ampun kak... kyapa kak boleh ba foto dnk? so ada gejala? ckckck...

    ReplyDelete
  2. iah Jc tu entu ceritanya ada di epilog ;)

    ReplyDelete