Wednesday, 2 February 2011

Hipertensi


image source

Selasa, 31 Januari 2011 : Waktunya konsultasi ke seorang ahli jantung di sebuah RS. Swasta di Jakarta dengan membawa hasil lab dan hasil foto, katanya beliau "ah ga pa pa, ini masih terhitung normal, ga besar jantungnya" lega? yah untuk urusan jantung saya bisa bernafas lega, tapi saya ga mau take it for granted, saya harus bisa bersahabat dengan jantung saya, selama ini saya terlalu take it for granted, padahal si jantung udah bekerja 24 jam nonstop semenjak saya masih didalam kandungan sampe sekarang, tidak mengeluh, walau dia sering terlupakan, sekarang saya bertekad untuk lebih perhatian ama organ tubuh yang satu ini, selama ini saya kulit muka jadi 'anak emas' buat saya hehehehe, say rasa sudah saatnya merubah prioritas. Coba bayangin aja kalo jantungnya ngambek, ga mao kerja 3 menit ajah? idih... amit amit... *knockwood*
Menurut ahli jantung yang menangani saya, semua keluhan nyeri dada, sesak nafas, berdebar itu penyebabnya karena Hipertensi. Pertama kali ngeh punya hipertensi itu waktu jamannya koas baru alias baru koas, di bagian Neurologi tahun 2007, saya ngerasa pusiiing banget, mikirnya darah rendah karena gaya hidup koas yang tidur pagi buta-bagun subuh itu, ternyata pas di ukur tekanan darah hasilnya taraaaaaa : 160/100 mmHg semenjak itu jarang banget saya bisa mencapai 120/80, biasanya berkisar antara sistole 130-140. Nah penyakitnya koas itu suka males berobat serius, kenapa yah? waktu itu terlalu cuek, pandang enteng, ga ada waktu, dan sejuta alasan yang lainnya, kalaupun punya waktu santai, mending hibernasi di kamar kos atau jalan di mol with the ganks, nonton, semua yang hepi hepi lah, bales dendam atas semua tekanan dan stress yang luar biasa dirumah sakit. Pernah waktu itu kena thypoid, guru saya yang juga ahli penyakit tropis menyarankan untuk mencari sumber hipertensi umur muda yang ada pada diri saya, cuman waktu itu kan datengnya karena demam tinggi yang ga kunjung sembuh doc... dan sekali lagi, I didn't take it too serious...
Papa saya memang punya Hipertensi, mengingat kelainan metabolik ini kemungkinan besar akan diturunkan, yah saya rasa wajar aja saya 'diwariskan', di usia 20-an? Papa saya juga ngidap hipertensi dari usia 20-an. Tapi saya ga cuek-cuek amat lah, untungnya selera saya terhadap makanan itu ga terlalu asin, walopun kalo ngomongin asin itu relatif yah, tapi saya memang terbiasa dengan makanan yang ga terlalu ber-garam dan saya anti-penyedap dan sejenisnya, soalnya mama itu ngejaga banget pola makannya papa alhasil kita serumah bisa disimpulkan menyesuaikan dengan kebutuhan kesehatannya papa. Waktu itu saya ngerasa BELUM butuh terapi medikasi hipertensi, paling mengubah gaya hidup sudah cukup, ga ngerokok, ga minum alkohol, makannya dijaga, hindari yang mengandung kolesterol 'jahat' gorengan terutama, semua itu bisa saya lakukan dengan mudah (ngeles.com padahal kebetulan aja) cuman satu yang jadi masalah saya, olahraga... -.-'
Singkatnya saya ngerasa baik-baik saja, hipertensi ini masih bisa ke-handle, kalo dipikir-pikir.. hello?? r u a doctor?? kalau guru ku yang ahli ginjal-hipertensi ngebaca tulisan ini pasti mikir "ini orang dulu bisa lulusnya gimana ya?" ampuuuuun dokter...


image source

Sampe akhirnya diawal pernikahan saya mulai ngerasa nyeri dada kiri, teramat sangat, berdebar-debar, sakitnya menjalar sampe ke bahu, leher, kesemuran ditangan kiri beserta jari-jarinya, nyerinya bisa timbul kapan aja, the I started to think... jangan-jangan ada apa-apanya sama jantung saya. Tahun lalu saya konsul ke dokter umum diklinik dekat rumah, TDnya itu ampe 160/90, dokternya langsung ngasih obat hipertensi Amlodipin 5mg (maaph saya ga mau iklan obat paten disini) dan menyarankan konsul ke ahli ginjal hipertensi. Datanglah saya ke sang ahli hipertensi disebuah rs swasta ternama di Jakarta... saya diketawain... :( jadi katanya beliau ga mudah untuk mendiagnosa hipertensi, menurut beliau saya itu hiperansietas, negative thinker, panikan, jadi saya harus membenahi kepribadian saya. Beliau menyarankan untuk berhenti minum Amlodipinnya, dateng lagi minggu depan buat diukur TDnya, tapi udah ilfil duluan, ga akan nemuin dia lagi!
Nyeri dada, berdebar-debar, sesak, kram-kram ini muncul lagi dan lebih hebat beberapa minggu lalu membuat saya berkonsultasi dengan seorang ahli jantung, langsung di EKG dan ternyata hasil EKGnya itu udah LVH, sudah ada pembesaran ventrikel kiri jantung yang biasanya jadi penanda penderita hipertensi, tapi belum gede-gede amat cuman kata bahasa ahli jantungnya "ini aksisnya sudah mulai kelihatan" makanya saya melanjutkan pemeriksaan penunjang dengan foto thorax AP yang hasilnya memberi kejutan, tapi soal besar jantungnya menurut ahli jantung saya itu ga ada yang perlu dikhawatirkan, cuman... mulai sekarang saya udah harus rutin minum obat hipertensi, sekarang saya rutin minum Bisoprolol 2,5mg dipilih karena mengatasi berdebar-debar yang mengganggu tidur dan aktivitas saya dikombinasi Amlodipin 5mg bila TD sistolenya masih 140 atau lebih, dan yang ga kalah pentingnya, lifestyle harus diperhatikan, mulai berolah raga rutin!
Love your hearts! Don't take it for granted!

No comments:

Post a Comment