Friday, 18 March 2011

Tips Persiapan dan Mengikuti UKDI

Persiapan UKDI
Kalau saya boleh memberikan saran berdasarkan pengalaman :
  1. Siapkan diri secara menyeluruh untuk mengikuti UKDI, jadi kalau ada kegiatan yang tidak bisa mendukung komitmen belajar, saya rasa sebaiknya ditunda. Tapi jangan juga ditunda-tunda melulu, ga dapet sertifikat kompetensi berarti ga dapet STR, si STR ini kan surat sakti kita buat dapet pekerjaan.
  2. Jangan pandang enteng deh, jangan ngarep dapet wangsit dari langit saat ujian, iah kalo bener, kalo gak? Kalo dalam UKDI prinsipnya miracle does happend when we work (hard) on it. Kalo poin ini ada pengecualian, saat saya ngikut bimbingan UKDI (semenjak taon lalu kalo ga lulus UKDI peserta wajib ikut bimbingan) cerita dari mentor pembimbing banyak tuh dokter-dokter almamater universitasnya yang ga belajar saat UKDI, tapi ujung-ujungnya lulus juga, menurut mereka soal-soal UKDI itu soal yang didapet hari-hari saat koas, jadi sebagian besar bisa dijawab. Saya rasa ini saya balikan lagi ke ts sekalian, kan yang paling mengenal kemampuan kita yah diri kita sendiri.
  3. Latihan soal bisa mandiri bisa juga dibikin grup belajar.
    • Kalo rekomendasi saya tuh buku UKDI Ready dari penerbit Aerlangga. Saat saya ngikut bimbingan lalu, mentor saya sempet nyindir kalo tuh buku ga jelas dari mana -.-' Tapi, buku itu membantu banget loh. Memang soal-soal yang keluar tidak sama persis,kalo ngerjain soal-soalnya pake metode hafal jawaban, saya rasa ga akan membantu banyak. Dibahas juga dounk.
    • Gudang Soal UKDI yang didapet dari blognya dokter nida. Banyak banget deh kumpulan soal-soalnya 1500-an gitu, ada beberapa jawaban yang saya cari lagi karena tidak sepaham. Tidak masalah, kan sekalian belajar.
    • Kumpulan soal-soal latihan yang beredar di almamater masing-masing, biasanya bisa didapatkan dari teman-teman yang mengikuti UKDI sebelumnya, biasanya soal-soal ini diestafetkan.
  4. Ngikut Try Out. Karena paling ga kita udah dapat bayangan lah saat ngikut UKDI yang beneren entar gimana, kalo ada kekurangan masih punya waktu untuk diperbaiki, selain itu juga qt bisa terpapar lebih dulu dengan tipe soal UKDI. Soal-soal tryout itu bakal keluar lagi sebaiknya udah ada teman segrup yang nyatet lagi soalnya kelar tryout. Ada yang bilang 15%-30% (angka ini ga tau dapet dari mana, perkiraan aja kayanya) soal tryout akan keluar lagi di UKDI, cukup membantu untuk ngedapetin poin bukan? saran saya, sekali lagi, jangan cuman make metode hafal jawaban, karena biasanya soal nya mirip cuman yang ditanyakan lain, misalkan yang sebelumnya ditanyakan diagnosa kali ini ditanyakan pemeriksaan penunjangnya, gitu.
  5. Ga perlu banyak referensi buku kok. Sejauh ini dari info mulut ke mulut dan saling share antar ts, buku yang dipake buat belajar itu KAPITA SELEKTA 1 dan 2. kalo 1 hari belajar 5 topik dalam 30 hari bisa menyelesaikan 150 topik. Tips tambahan dari mentor waktu bimbingan, dimengerti dan dihafal, bikin catatan singkat, apa yang menjadi inti penyakitnya jadi ga perlu ngafalin semuanya. Misalnya DHF= demam>3hari, hipotensi->akral dingin, kebocoran plasma, trombositopeni.
  6. Gunakan target berapa persen jawaban yang seharusnya bisa dijawab dengan benar, jadi kalau misalnya rata-rata batas kelulusan UKDI itu 60%, pakailah angka aman misalnya target minimal 70%  jawaban benar.
  7. Saat ngikut UKDI kedua kalinya saya menyempatkan 3x latihan soal di minggu terakhir persiapan UKDI, ngerjain 200 soal, dalam 200 menit waktu itu make buku UKDI ready, dimulai dari jam 8 pagi teng sesuai waktu UKDI dan pake alarm. Ga pake istirahat selama 200 menit. Buat latihan mental aja, biar terbiasa, yang saya harapkan saat UKDI nanti saya bisa lebih fokus gitu. and it works!! :))
  8. Hadir saat briefing. Ini nih banyak gunanya, buat yang ragu-ragu ingin bertanya soal aturan saat UKDI, yah ini saatnya. Saat briefing qt juga bisa tau hal-gal kecil yang digaris bawahi panitia yang bisa terlewatkan sama kita tapi akibatnya bisa fatal, misalnya saat saya ngikut UKDI itu dilarang memakai cardigan, jacket dan yang sejenisnya, padahal saya udah niat bawa cardingan takutnya ntar kedinginan diruangan ber AC. Selain itu kita bisa ngecek ruangan ujian dulu biar ga kelabakan nyari pas hari H.
Mengikuti UKDI
  1. Persiapkan kesehatan dengan baik, udah deh ga usah pake sistem kebut semalem, percuma. Mending tidur yang cukup, jangan lupa sarapan, 200 menit berpikir itu melelahkan sekali. Kalo sampe sakit, kan sayang persiapannya selama ini.
  2. Datang minimal 30 menit sebelum ujian (jangan lupa katu ujian dan alat tulis). Saya sih menyempatkan diri setelah briefing sebelum hari pelaksanaan UKDI buat survey lokasinya (maklum, soalnya ujian bukan di fakultas almamater) biar pas UKDI ga ngabisin waktu nyari-nyari ruangannya yang mana satu
  3. Pakai kostum yang rapih, jangan hanya karena jins atau sendal jadi batal ikut UKDI. Buat cewe diperbolehkan memakai celana asal berbahan kain, bukan jins. Kalo saran saya sih main aman aja deh, kemeja atau blus yang rapi dengan rok atau celana kain plus sepatu tertutup yang nyaman. Dan, waktu saya ngikut UKDI panitia tidak memperbolehkan memakai cardigan atau jacket dan sejenisnya.
  4. Siapkan alat tulis, waktu saya, yang diperbolehkan dibawa masuk itu cuman pensil, penghapus, peraut. Ga boleh bawa tenpat pensil, penggaris, papan alas, dll. Sebaiknya pensil disiapkan lebih dari 1 dan sudah diraut, biar ga habis waktu ntar didalem, kalo udah tumpul tinggal diganti jadi ga pake acara meraut-raut, ingat tiap detik berharga.
  5. Ikutilah petunjuk panitia dengan benar, kalo ada yang kurang jelas, silahkan bertanya. Tapi jangan coba-coba nanya jawaban ke kiri kanan yah! its a big NO pertama, dosa. kedua, bisa batal keikutsertaan ujiannya. tiga, kalo ilmu anda memang tingkat tinggi soal dosa yang satu itu, ingat panitia bisa terkecoh tapi Tuhan tidak ^^v
  6. Waktu jaman saya ngikut UKDI khusus buat ibu hamil boleh membawa aqua gelas tapi tidak boleh ditaruh diatas meja, saya rasa panitia tidak ingin ts menyesal karena air yang membasahi lembar jawaban UKDI ts.
  7. Sebisa mungkin ga pake acara ke kamar kecil saat ujian... sayang banget waktunyaaa, makanya sebelum masuk ruangan yang perlu dilakukan dikamar kecil segera diselesaikan, dan ga usah dulu pake acara minum segentong deh sebelum masuk ruangan ujian, ingat tiap detik berharga.