Monday, 7 March 2011

Tips Nonton Java Jazz Fest

Event akbar Java Jazz Festival memang menggodaku sejak bulan Desember tahun lalu, karena jadwal yang ga jelas saya sudah merelakan ga nonton opa Santana tahun ini. Ternyata takdir berkata lain, seorang teman dari Manado yang tiap minggu bolak-balik Jakarta -Manado demi adindanya yang berdomisili di Jakarta menjual tiket yang hari itu (Sabtu, 5 Maret 2011) sudah seharga Rp.1000.000,- dijual seharga Rp.200.000,- (ga rugi koq, dia belinya dari bulan Desember yang harganya emang Rp.200.000,-).

Saya nemu artikel yang bagus banget dari Benny Chandra : Biar Nyaman Nonton Java Jazz, sesuai judulnya, artikel ini layak dibaca sebelum nonton JJF, berguna banget lah. Artikel inilah yang menginspirasi saya menulis postingan kali ini, tulisan ini berisi tips ala saya yang saya korelasikan dengan tips ala Benny Chandra.

Berhubung bakal ke acara yang rame banget, jadi barang-barang yang dianggap berharga kita tinggalkan, isi tas cuman alat komunikasi, kalo punya 2 pilih bawa 1 ajah, uang cash secukupnya buat beli tiket dailypass (karena emang blum punya dailypass :p), beli merchandise, beli makan minum cemilan. Bawa tas yang nyaman buat diajak bekerja sama menikmati konser, kalo berniat beli merchandise yang banyak, mending bawa yang memuat semuanya kecuali emang udah siap nenteng-nenteng barang blanjaan nyambi menikmati pertunjukan.
Kalo yang hobi moto-moto, menurut tipsnya Benny Chandra, siapkan kartu memori dan batre tentunya, jangan ampe nyesel karena kehabisan keduanya itu.

Nah ini penting banget soal fashion, ini mo nonton konser, jadi pakelah kostum yang nyaman dan ga ribet, yang menyerap keringat, yang bebas bergerak dan berpose dalam gaya apapun hehehe. Ga sedikit saya melihat cewe-cewe kerepotan ngatur rok atau gaun mini waktu lesehan, atau kerepotan dengan hak tinggi saat lari-lari ngejar pertunjukan, bahkan ada seorang wanita yang terjatuh saat pindah antrian konser Santina akibat hak sepatu yang menurut pengamatan saya antara 12-15cm -.-' what the hell in their mind??

Saya udah melek jadwal sejak mendapat kepastian soal tiket, dan kita udah ngatur sebaik-baiknya kita bakal ke pertunjukan yang mana aja. Semua  info tempat panggung yang ingin kita tangkringin dan waktunya sudah dicatet suami saya di selembar kertas yang kita tentengin dalam saku jins, semuanya bisa dilihat di website resmi JJF. Seperti yang disarankan Benny Chandra, atur jadwal sebaik-baiknya, walo dalem realitanya agak kelabakan juga nyari satu panggung ke panggung lain. Pengaturan jadwal ini menurut saya berguna banget buat persiapan stamina. Karena pertunjukan yang ingin ditonton dijadwalkan mulai dari sore menjelang malam hari, siangnya tentu dipergunakan untuk istirahat. Kalo ada yang hardcore 3 hari berturut-turut ato yang seharian penuh, well... jangan sampai melewatkan makan dan saya rasa anda perlu vitamin tambahan, siapkan stamina dengan sebaik-baiknya, ingat, manusia terdiri dari darah dan daging, bukan besi dan oli :p sedangkan mesin saja perlu istirahat ^^

Soal transportasi, saya dan suami memutuskan untuk bawa kendaraan pribadi saja. Hal ini berdasarkan atas pertimbangan kita bakal pulang pagi karena jadwal pertunjukan Maliq & D'Essentials yang berakhir pada jam 1.30 pagi, dan kita berdua ga yakin kita bakal mendapatkan taxi dengan mudah dipagi-pagi buta.
Pertunjukan salah satu artis favorit suami tidak bisa ditonton karena udah telat diakibatkan muter-muter nyari parkiran. Mendekati JIExpo PRJ sudah banyak banget mobil-mobil yang terparkir dipinggir jalan sampe 3 lapis, baik di jalur cepat maupun di jalur lambat. Kami lebih suka markir mobil di parkiran resmi, suami ga suka parkir paralel dan mobil punya kemungkinan didorong-dorong. Dapetlah parkiran di pintu utara 3 yang ga terlalu ribet juga, masuk aja lurus terus sampe ujung, puter balik dan sebelah kiri ada pintu masuk parkir utara, rada tersendat, tapi ga macet-macet amat kok, cuman jaoh banget dari pintu masuk pokoknya jalan ampe sakit kaki dan betis kondean :D Tapi pulangnya, deket banget dari pintu keluar yang baru dibuka jam 12 tengah malem, dan keluar parkirannya juga mantep banget, apa mungkin karena kita pulangnya juga udah jadwal show terakhir usai yah?, intinya mulus bebas macet.

Btw, tiket dailypass belum saya pegang, tapi seperti yang sudah jadi rahasia umum, banyak calo yang sudah siap sedia menawar kan tiket didepan pintu masuk. Hari itu tiket dailypass sudah seharga 500an ribu rupiah, tepatnya berapa, saya lupa :p. Calo tiket menawarkan tiket daily pass seharga 300rb/orang yang tanpa pikir panjang langsung kami iyakan berhubung sudah telat dan ga punya waktu tawar-menawar. Sebenernya lebih baik lagi kalo emang niatan pergi dan mengosongkan jadwal dari beberapa bulan sebelumnya sehingga harga tiketnya lebih bersahabat lagi :) Kalo ada yang belum mendapatkan tiket dan masih berniat pergi saat hari H, akan banyak calo-calo yang menjual tiket lebih murah dari harga resmi hari itu, baik tiket dailypass maupun tiket pertunjukan spesial.

Jangan coba-coba bawa makanan ato minuman dari luar, pemeriksaannya ketat banget, suer ^^v

Pas didalem, langsung berniat ngisi kartu prepaid buat beli merchandise, minuman dan cemilan tapi sistemnya lagi offline :( jadi saya dan suami wara wiri dulu dari panggung ke panggung, untungnya ada yang menawarkan minum bisa dibeli tunai disaat dahaga sudah kering kerontang.
Soal merchandise, saya ga dapet yang saya inginkan beli apa-apa, karena dateng dihari ke dua emang udah sisa-sisa dan ga ada yang berkenan dihati. Buat yang suka ngumpulin merchandise memang ada baiknya dateng di hari pertama dan langsung berburu merchandise. Ingat sistem pembayaran di JJF menggunakan sistem prepaid card, tenang aja, bisa di cash-back kok, cuman saldo minimalnya harus Rp.100.000 jadi kalo kurang dari itu, habisin ajah :p daripada lebih rugi lagi

Terakhir dan ga kalah pentingnya buat para perokok, tolong jangan kampungan, kalo mao memperpendek umur, perpendek saja umur sendiri, ga usah ngajak-ngajak orang lain. Kalo di ruangan tertutup ber AC itu ga perlu ngerokok lah, sayangnya emang di sana tidak disediakan tempat khusus merokok, dari kesadaran sendiri sajalah sebagai manusia ciptaan Tuhan berakhlak paling mulia. Apalagi merokok saat mengantri masuk pertunjukan, jari saya sampe tidak sengaja kena sundul rokok yang masih menyala, katanya sih ga sengaja, dan sudah minta maaf, ya Tuhan saja memaafkan masa saya enggak? cuman... *menarik nafas panjang* uuurrrghhhh... bakar duit kan duit sendiri yang dibakar, ngerusakin paru-paru dan meningkatkan faktor resiko penyakit jantung serta penyakit kronis lainnya itu urusan pribadi, toh yang siksa diri sendiri, tapi ampe merugikan orang lain?? shame...

oedem akibat sundulan rokok (katanya perokoknya ga sengaja) waktu ngantri mo nonton opa Santana. Lagian kampungan banget sih tu orang, jelas-jelas orang-orang tuh pada padet banget masih aja dengan egoisnya ngerokok -.-' dapet PPOK baru tau...

 
jarak antara Santana dan diriku... jaoh emang :( tapi berhubung massa yang padat banget sampe nyempil-nyempil n dempet-dempetan saya memilih posisi dekat pintu keluar biar aman, untungnya ada layar mega raksasa di kiri dan kanan panggung yang membantu melihat idola lebih jelas ^^

jarak antara Maliq & d'essentials-saya dan suami, emang udah males aja kedepan, padahal datengnya cepet, udah capek, tapi berhubung grup satu ini punya cerita sendiri dalam kisah kasih  kami berdua cihuii, jadi tetep aja ditangkringin biar dari barisan paling belakang


makan malam kami, choco crepes

No comments:

Post a Comment