Sunday, 20 March 2011

Sedikit tentang PTT Pusat

Sedikit mengenai PTT yang saya ketahui,  PTT itu kepajangan dari Penghasilan Pegawai Tidak Tetap. Setahu saya di Indonesia ini yang ikut program PTT ya cuman dokter dan guru... padahal kan kalo ingin memajukan daerah itu perlu berbagai jelenis ilmu profesi, kok sarjana-sarjana lain ga ada program PTT?  kita tanyakan pada rumput yang bergoyang....
Persyaratan PTT
a. Warga Negara Indonesia
b. Bersedia ditugaskan di falisitas pelayanan kesehatan kriteria terpencil dan sangat terpencil dengan lama penugasan selama 1 (satu) tahun.
c. Dokter/dokter gigi PTT diberikan gaji dan insentif bruto perbulan sebesar :

Jenis tenaga
Gaji*
Insentif*
Dokter / Dokter Gigi

T
ST
T
ST
Rp.2.050.000
Rp.2.050.000
Rp.3.350.000
Rp.5.800.000



*) belum dikurangi pajak penghasilan

Pendaftaran PTT pusat bisa dilihat dari web : Biro Kepegawaian Mentri Kesehatan RI atau lebih sering dikenal dengan web ropeg (lebih gampang dibuka pakai Internet Explorer) , dan link mengenai PTT pusat baru bisa dibuka bila sudah mendekati waktu pendaftaran PTT. Jadi rajin-rajin lah mampir di web ropeg.

  • Untuk PTT April, pengumuman penerimaan PTT pusat diwebsite pada pertengahan Februari.
  • Registrasi online dibuka awal bulan Februari, dan lamanya ga nyampe 1 minggu
  • Setiap pelamar diperkenankan mendaftar pada 2 (dua) peminatan, dengan ketentuan pilihan ke-2 wajib memilih kriteria terpencil.
  • Setelah itu masa penerimaan masuknya berkas (untuk lebih lengkap informasi berkas apa aja yang harus dikirim bisa lihat di web ropeg) PTT kurang lebih 2 minggu (dari tanggal yang sama dengan pembukaan registrasi online
  • Buat yang berkasnya sudah keterima duluan sampe batas penutupan registrasi online, web ropeg akan memberikan daftarnya. (saya ngirim berkasnya udah mendekati tanggal terakhir penerimaan berkas, daftar ini sempet bikin bingung, mungkin nanti web ropeg akan nambahin daftar yang ngirim berkas sampe tanggal dan jam batar akhir penerimaan berkas kali yah?)
  • Ga sampe seminggu (dari jadwal sih cuman 3 hari dari batas akhir penerimaan berkas), kita udah bisa ngelihat pengumumannya.
Waktu saya bikin postingan ini lagi masa menunggu pengumuman, jadi belum bisa cerita seterusnya bagaimana, dibawah ini jadwal dari web ropeg yang mungkin bisa memberi gambaran:


 NO
KEGIATAN
WAKTU
1
Pengumuman Penerimaan PTT di Website
14 Februari 2011
2
Registrasi on-line di website
9 Maret – 14 Maret 2011
3
Penerimaan berkas pendaftaran melalui PO BOX
9 Maret – 21 Maret 2011
4
Pengumuman kelulusan
24 Maret 2011
5
Konfirmasi keberangkatan secara online
24 – 28 Maret 2011
6
Lapor ke Dinas Provinsi Lulusan
28 - 30 Maret 2011
7
Pengarahan di Dinkes Lulusan dan pembayaran SPPD
01 April 2011
8
Berangkat serentak ke Provinsi tujuan
04 April 2011
9
Berangkat serentak ke Kabupaten tujuan
05 – 06 April 2011


Saya ga punya informasi kalau PTT ini dibuka berapa kali setahun, ada teman yang bilang 2 kali ada juga yang bilang 3 tiga kali, jadi maaf ga bisa ngasih info kapan kira-kira saatnya rajin bolak-balik di web ropeg selain yang Februari ini.

Untuk tips yang lebih seru mengenai PTT Pusat bisa mampir ke blog kodomu: all about PTT pusat.