Friday, 18 March 2011

Cara menjawab soal UKDI

Jenis atau tipe soal ujian

Jenis atau tipe soal ujian adalah berupa soal pilihan berganda dengan lima pilihan jawaban soal. Soal terdiri ”stem” soal yang berbentuk skenario (”vignette”), pertanyaan, dan lima pilihan jawaban dengan satu jawaban benar. Jumlah soal-soal ujian seluruhnya adalah 200 soal. sumber : Profil Uji Kompetensi Indonesia

Tips Menjawab soal UKDI ala saya
  • Cara menjawab dengan penuhi lingkaran dilembar jawaban dengan pensil, yang rapi yah, jangan kebanyakan dihapus dan digonta ganti jawabannya
  • Baca pertanyaan terlebih dahulu biasanya terletak paling bawah, banyakan soal UKDI itu berbentuk soal cerita panjang-panjang dan bikin habis waktu ngebaca semuanya dengan seksama.
  • Tandai atau lingkari jenis kelamin, umur, kemudian gejala, hasil pemeriksaan; cari kata-kata kuncinya, di soal pasti ada satu atau dua bahkan lebih kata-kata kunci yang langsung mengarah kejawaban , hati-hati dengan soal yang banyak jebakan batman nya ya. Gunanya soal ditandai seperti itu juga biar saat kita balik lagi ke soal yang sama kita ya perlu membaca semua dari awal, cukup poin-poin yang sudah ditandai saja, menghemat waktu.
  • Bila ragu,gunakan metode eliminasi, singkirkan dengan dicoret saja pilihan jawaban mulai dari yang paling dianggap tidak sesuai, untuk memperbesar kemungkinan mendapatkan jawaban yang tepat, dan biar jawaban yang qt anggap salah itu ga mempengaruhi pilihan lagi.
  • Sebisa mungkin jangan ada soal yang dilompati. Jangan menghabiskan banyak waktu di satu soal, bila masih bingung mau menjawab apa, bisa dilewati segera tapi jangan lupa ditandai, lingkari saja nomer dibuku soal yang belum dijawab (jangan banyak-banyak yah, sebisa mungkin dijawab dulu, karena belum tentu ts punya waktu buat balik lagi ngisi yang masih kosong)
  • Bila masih ada waktu, cek buku soal dahulu bila masih ada soal yang belum terjawab (dari nomer yang dilingkari sebelumnya), bila sudah terjawab semua baru gunakanlah waktu yang tersisa untuk mengecek ulang jawaban kita, yang penting pastikan dulu kalau semua sudah terjawab.
Misalnya gini, ada soal seorang laki-laki, 48 tahun, gemuk, perokok, MRS 3 jam sebelum dirawat. Pasien merasa nyeri dada kiri mendadak saat mendorong mobil. Nyeri hilang timbul 30 menit menjalar sampai ke lengan. Riw DM (+) sejak usia 32 tahun, minum obat tidak teratur. TD 170/90 mmHg , nadi 96x/m. Diagnosis yang paling mungkin adalah: ... a. miocarditis b.pleuritis c.IMA d.kanker paru kiri e.pneumothorax

  1. Baca pertanyaan, yang ditanya, diagnosisnya
  2. Tandai poin poin yang dianggap penting (yang saya bold)
  3. Cari kata kuncinya (yang digaris bawahi), juga ada faktor resiko yang mendukung diagnosis (yang bold dan italic)
  4. Kalo ragu singkirkan jawaban yang dianggap paling ga mungkin : a. miocarditis b.pleuritis c.IMA d.kanker paru kiri e.pneumothorax (Nyeri dada kiri mendadak menjalar sampai ke lengan menyingkirkan kanker paru kiri, miocarditis)
  5. Jawaban sisa b.pleuritis c.IMA e.pneumothorax (tidak ada gelaja lain yang mendukung pneumothorax, misalnya , tidak ada gejala sesak nafas yang makin memberat khas penumothorax atau, riwayat trauma di dada sebelumnya, tidak ada riwayat TB) nah sekarang kemungkinan jawaban benar sudah lebih besar antara pleuritis dan IMA, dari faktor resiko dan cerita soalnya lebih ke IMA dong yah? setuju setuju? hehe...
Btw yang diatas cuman contoh ajah, bisa jadi jawaban saya salah, yah sesuai nurani masing masing aja bagaimana, semoga sukses yah UKDI nya, dan semoga postingan ini bermanfaat dan bisa diambil positifnya.